DESA KEMETUL KEC.SUSUKAN KAB. SEMARANG

: KRAJAN, RT 11 RW 03, Desa Kemetul Kec. Susukan Kab. Semarang | : 089694432483 | : kemetuldes@gmail.com

 

  1. Daya Tarik Wisata Alam

Desa Kemetul berbatasan dengan 2 (dua) kecamatan dan berbukit hal ini menyebabkan desa tersebut kaya akan potensi wisata alam seperti pemandangan dari puncak bukit sadang maupun sunrise yang dapat dilihat oleh wisatawan di pagi hari. Sebagian besar masyarakat di desa ini bermata pencaharian sebagai petani maupun pedagang sehingga sangat menggantungkan hidupnya pada pertanian. Desa ini sudah sering dikunjungi oleh wisatawan, berdasarkan data tahun 2012 Desa ini telah dikunjungi oleh 4.958 wisatawan nusantara. Selain wisata alam, Desa ini juga memiliki sebuah pemandian yang masih alami.

 

  1.  Daya Tarik Wisata Budaya dan Kerajinan

Desa Kemetul juga terkenal dengan budaya  dan kerajinan makanan /home industri. Pada awalnya budaya adat ini, merupakan budaya turun temurun dari nenek moyang Desa Kemetul dan berlanjut sampai sekarang serta susah ditemui di desa-desa lain. Selain, kerajinan makanan yang dikerjakan secara manual juga kehidupan masyarakat di desa Kemetul masih tradisional. Mereka masih lekat dengan upacara adat maupun religi sesuai dengan kepercayaan yang mereka anut. Terdapat juga sebuah rumah adat yang biasanya digunakan untuk tempat berkumpulnya warga desa.

 

  1. Dukungan Terhadap Desa Wisata Lain

Terjadi hubungan yang sinergis antara Desa Kemetul dengan desa -desa di sekitarnya seperti Desa   dan Desa Kenteng terutama dalam hal pelayanan terhadap wisatawan. Desa Mandiri dan Desa bersinar merupakan desa wisata yang sudah berkembang terlebih dahulu dibandingkan dengan Desa Kemetul, sehingga kedua desa tersebut sudah menjadi desatinasi wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Desa Bersinar memiliki potensi wisata alam pegunungan dengan banyak homestay sedangkan desa Mandiri memiliki potensi wisata kuliner dan kerajinan yang dapat dijadikan cinderamata. Dengan berkembangnya desa-desa disekitar desa Kemetul, otomatis potensi wisata Desa Kemetul juga ikut terangkat. Sehingga setelah wisatawan berkunjung dan menginap di homestay yang ada di Desa Bersinar, wisatawan dapat juga mengunnjungi Desa Kemetul untuk wisata bahari lalu setelah itu, mereka dapat membeli cinderamata di Desa mandiri.

 

  1.  Dukungan Terhadap Industri Pariwisata

Perkembangan kepariwisataan desa yang signifikan akan mendukung industri pariwisata yang ada, menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan produktivitas home industry maupun kerajinan sehingga secara otomatis akan mengurangi kemiskinan

ALBUM